Published On: Wed, Jun 3rd, 2015

Berobat Ke Puskesmas Dengan BPJS Kesehatan

BeritaSemarang.net – Guna memberikan kepedulian lebih kepada masyarakat yang hendak berobat, untuk menghindari adanya biaya yang lebih mahal dari rumah sakit kini BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) telah memberikan feedback ke puskesmas. “Prosedur itu dilakukan untuk mendata jumlah pasien peserta yang telah mendaftar”, ucap Kepala BPJS Divre VI, Andayani B Lestari.

“Kami telah mengeluarkan dana talangan sebesar Rp 2,6 triliun. Jadi untuk menghindari pembengkaan biaya itu, kami menganjurkan masyarakat berobat ke hilir (puskesmas atau dokter terdekat),” kata Andayani, Rabu (3/6).

Di lain kesempatan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menilai bahwa keberadaan BPJS justru membuat kesehatan masyarakat merasa nyaman.

“Karena ada secure-nya. Namun pada sisi lain, masyarakat justru semakin kritis. Terutama terkait pelayanan kesehatan di rumah sakit yang kurang memuaskan. Soal mayoritas masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit, lantaran kalau berobat ke rumah sakit itu lebih cepat sembuh. Sehingga wajar jika mereka lari ke rumah sakit, daripada ke dokter terdekat atau puskesmas,” pungkasnya.

Masyarakat diharapkan lebih nyaman menggunakan BPJS untuk kebutuhan kesehatan mereka, selain lebih murah dalam segi biayanya pemerintah akan selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan BPJS bagi masyarakat kecil.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>