Published On: Sat, Jul 4th, 2015

Calon Belum Mendapatkan Rekomendasi di Pemilihan Bupati Kendal 2015

KENDALPilkada Kendal, Pemilihan Bupati (Pilbup) Kendal 2015 kali ini calonnya akan diusung oleh dua kubu, diantaranya PDIP sebagai pemenang pemilihan legislatif 2014 dan Koalisi Kendal Beribadat (KKB) yang terdiri dari delapan partai politik (parpol).

Akan tetapi kedua kubu yang akan bersaing belum mengeluarkan rekomendasi terhadap pasangan calon bupati-wakil bupati yang akan diusung dalam Pilbup Kendal 2015.

Sampai dengan saat ini, kubu PDIP memiliki dua tokoh yang bersaing ketat berebut rekomendasi dari DPP PDIP yakni Bupati Kendal Widya Kandi Susanti (incumbent), dan Dandim 0715 Kendal Letkol Kav Wiratno.

Sedangkan dari kubu KKB memunculkan dua nama juga, yakni Wakil Bupati Muhammad Mustamsikin, dan Mirna Annisa (Ketua Kesehatan Indonesia Raya DPW Gerindra Jateng).

Widya Kandi Susanti sendiri sempat muncul dalam daftar bakal calon bupati di PPP Kabupaten Kendal. Menariknya PPP sendiri merupakan anggota dari KKB.

Calon di KKB yang mendapat rekomendasi dari parpol masing-masing, masih akan diseleksi di tingkat koalisi. Ini memperbesar peluang Widya untuk bersaing sebagai bakal calon bupati di tingkat KKB.

Wakil Ketua DPD PAN kabupaten Kendal, Sutono Gimsoe mengatakan, bahwa belum adanya rekomendasi dari DPP. Tahapan-tahapan bakal calon sudah dilaksanakan mulai pendaftaran, kelengkapan administrasi, serta tes fit and propertest.

“Untuk rekomendasi itu kewenangan pusat. Saat ini belum turun, kami masih menunggu,” katanya, Jumat (3/6/2015).

Tiga parpol yang tergabung dalam KKB sudah membuka pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati secara resmi, yakni PAN, PPP, dan PKS.

“Tapi kami tidak tahu masing-masing parpol tersebut. Sebab, punya mekanisme yang berbeda,” lanjutnya.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Kendal, Widya Kandi Susanti menyampaikan, pihaknya juga belum menerima surat rekomendasi dari pusat terkait pasangan calon yang akan diusung.

Sejumlah daerah yang rekomendasinya sudah turun karena mereka maju dari PDIP saja tanpa koalisi dengan partai lain sehingga relatif lebih cepat diberikan rekomedasi. “Belum ada rekomendasi dari pusat,” ungkap Widya.

Sementara Ketua dest Pilkada Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro menjelaskan, hingga saat ini masih dilakukan pematangan nama yang akan dicalonkan sebagai bupati dan wakil bupati. “Targetnya menang, jadi harus cermat memutuskan,” ungkapnya.

Bakal calon bupati kuat dari partai Gerindra yang namanya telah muncul, yakni Mustamsikin dan Mirna Anisa. “Untuk Kendal masih dalam kajian,” pungkas Sriyanto.

(Nugroho/BS01)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>