Published On: Fri, May 29th, 2015

Kodam IV Diponegoro Launching “Si Pinter”

BeritaSemarang.net – Kodam IV/Diponegoro hari ini, Jumat (29/5) di Serambi Kehormatan Makodam Jalan Watugong, meluncurkan program Sistem Pelaporan dan Informasi Teritorial (SiPinter) dan Pusat Komando Kendali (Puskodal) Kodam IV/Diponegoro.

Dengan diresmikan oleh Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono didampingi Presiden Direktur PT Nagabendu Teknologi Utama Andi K R Garna, CEO Smartfren Joko Tata Ibrahim dan Kapolda Jateng Irjen Pol Noor Ali secara simbolis peluncuran SiPinter dengan menekan sirine.

Pangdam memantau langsung dalam demo pengoperasian SiPinter di ruang Puskodal Kodam IV/Diponegoro. SiPinter berfungsi untuk mengecek pelaporan dari para Babinsa yang ada di lapangan, teleconference, serta mengetahui pergerakan para anggota di wilayah masing-masing.

“Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut, diharapkan akan diimbangi dengan peningkatan kemampuan para Babinsa. Hal ini mengingat para babinsa adalah ujung tombak pelaksana Pembinaan Teritorial di lapangan dan memegang posisi strategis,” tegas Pangdam.

Dengan program SiPinter diharapkan dapat mensinergikan peran dinas pertanian, PPL, dan Babinsa di lapangan melalui koordinasi secara terpadu dan terintegrasi. Tak hanya itu, program SiPinter dapat digunakan sebagai sarana pelaporan kegiatan para Babinsa yang valid di lapangan, antara lain meliputi pelaporan tentang pemetaan potensi wilayah, pemetaan wilayah tanam, pendataan kelompok tani, pendataan supplier bibit atau pupuk, informasi supply atau demand pupuk, informasi penyuluhan pertanian dan early warning serangan hama.

Presdir PT Nagabendu Teknologi Utama Andi K R Garna mengharapkan kerjasama ini bisa mendukung tugas TNI. Dengan adanya teknologi SiPinter, keamanan data yang penting bagi TNI AD akan lebih aman.

“Teknologi ini akan smoth, handal dan mantap,” pungkasnya.

Program SiPinter ini diharapkan dapat meningkatkan pencapaian target swasembada pangan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>