Published On: Tue, Jun 16th, 2015

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Hari Kamis (18/6)

JAKARTA – Penetapan awal puasa itu diambil dalam sidang isbat yang digelar di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (16/6) malam. Kementerian Agama Republik Indonesia akhirnya menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1436 H dimulai pada Kamis (18/6).

Sidang dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin beserta perwakilan puluhan organisasi masyarakat berbasis massa Islam.

Sidang isbat berlangsung sekitar satu jam. Seluruh rangkaian acara selama sidang digelar tertutup untuk peliputan media.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, berdasarkan paparan dari pakar astronomi, hilal terbenam lebih cepat dari matahari. Paparan pakar astronomi itu juga sama dengan laporan petugas rukyat di 36 titik yang tersebar di semua provinsi di Indonesia yang menyatakan belum melihat hilal.

“Bisa disimpulkan, tidak ada satu pun bukti berdasarkan observasi astronomi yang bisa mengatakan bahwa hilal bisa dilihat saat itu,” kata Lukman dalam jumpa pers, Selasa malam.

Lukman juga menegaskan bahwa belum tampaknya hilal di Indonesia juga sama dengan pengamatan oleh para ahli di seluruh dunia. Dengan alasan yang kuat ini, Kementrian Agama Republik Indonesia menyatakan bahwa seluruh peserta sidang isbat sepakat untuk menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis (18/6), lusa.

“Semua peserta sidang isbat bisa menyepakati bahwa saat ini hilal tidak bisa dilihat, tidak tampak, maka bulan Syakban dilengkapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian 1 Ramadhan baru akan jatuh pada esok lusa, tepatnya Kamis, 18 juni 2015,” terangnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Muhammadiyah sudah terlebih dulu menentukan bahwa ibadah puasa dilakukan pada tanggal 18 Juni. Metode yang dilakukan Muhammadiyah adalah dengan hisab atau ilmu pasti.

Dengan demikian, keputusan awal puasa 1 Ramadhan 1436 H atau tahun 2015 ini umat islam di Indonesia akan bersamaan menunaikan ibadah puasa pada hari yang sama, Kamis (18/6).

Untuk warga Kota Semarang juga dapat melihat Jadwal Imsakiyah Wilayah Semarang selengkapnya.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>