Published On: Thu, Jun 25th, 2015

Pilkada Semarang: Gerindra dan Demokrat Sepakat Berkoalisi

UNGARAN – Jelang Pilkada 2015, dua partai politik secara resmi mendeklarasikan koalisi dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 di Kabupaten Semarang, Rabu (24/6). Partai Gerindra dan Partai Demokrat sepakat untuk berkoalisi, pemimpin partai dan pengurus partai bertemu dan mendeklarasikan koalisi tersebut di Resto Kebunraja Bergas Kabupaten Semarang.

Ketua Desk Pilkada DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, mengatakan koalisi ini diperlukan untuk memenuhi syarat minimal untuk mengusung calon kepala daerah.

“Koalisi yang kami jalin ini sebagai syarat yang mewajibkan minimal 20 persen jumlah kursi di DPRD Kabupaten Semarang agar bisa mengusung calon kepala daerah,” kata Sriyanto.

Dengan koalisi ini, kedua partai tersebut sudah mendapatkan total sembilan kursi di DPC. Partai Gerindra Kabupaten Semarang memiliki lima kursi dan Partai Demokrat mempunyai empat kursi di dewan.

Sriyanto juga menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu dengan terbuka partai lainnya untuk bergabung.

“Meskipun sudah memenuhi syarat di Pilkada 2015 itu, kami masih terbuka untuk partai lainnya bergabung. Yang penting ada satu misi dan visi yang memajukan Kabupaten Semarang menjadi lebih baik di masa mendatang,” ujarnya.

Hingga saat ini pihaknya baru sebatas meresmikan koalisi, belum memutuskan nama yang diusung untuk maju menjadi bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati.

“Khusus di Gerindra, ada dua nama yang telah mengikuti fit and propertes di DPD. Mereka adalah Nur Jatmiko dan Mundjirin. Namun siapa yang memperoleh rekomendasi dari DPP, kami belum tahu,” imbuhnya.

Selanjutnya, Gerindra dan Demokrat akan lebih intensif dalam berkomunikasi untuk menyeleksi calon yang akan diusung dengan mendengar aspirasi dari masyarakat Kota Semarang. Yang terbaik yang akan diusung untuk maju pada 9 desember 2015 nanti.

(Nugroho/BS01)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>