Published On: Wed, Jul 29th, 2015

Pilwakot Semarang 2015: Suara PPP Terpecah Mendukung Dua Calon Berbeda

Partai Persatuan Pembangunan

Partai Persatuan Pembangunan

SEMARANG – Peta Politik PPP dalam Pemilihan Walikota (Pilwakot) Semarang 2015 terpecah suaranya menjadi dua kubu, kubu hasil Muktamar di Surabaya bersama Gerindra, PAN dan Golkar menyatakan dukungannya terhadap pasangan Sigit Ibnugroho dan Agus Sutyoso.

Sementara itu, kubu hasil Muktamar di Jakarta, bersama PDIP, Demokrat dan Nasdem mendukung pasangan Hendrar Prihadi-Heaverita Gunaryati Rahayu.

“Dukungan kami terhadap Sigit-Agus sudah ditetapkan oleh DPD dan DPC minggu lalu. Sehingga kami tekad bulat mendukung penuh pencalonan keduanya,” ungkap Tafrikan, Ketua DPC PPP kubu Romahurmuziy, Selasa (28/7).

Sementara itu Ketua DPC PPP Kota Semarang Muhammad Yuslam PPP kubu Djan Faridz, menyatakan dukunganya terhadap pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang Hendi-Ita.

“Yang lain (PPP kubu Romahurmuziy) bukan dari DPC itu. Itu dinamika politik. Kami untuk dukungan akan all-out ke Pak Hendi. Kalau Tafrikan itu khan orang DPD,” tegas Muhammad Yuslam, dilansir dari situs merdeka.com.

Ketua KPU Kota Semarang, Hendry Wahyuono menyatakan bahwa secara resmi PPP tidak dianggap sebagai partai yang mendukung ketiga pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang. Pemberian dukungan ini hanya dianggap sebagai simpatisan kepada pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan bertarung di Pilkada serentak 9 desember 2015.

“PPP tidak ajukan berkas PPP tidak mengusung ke dua belah pihak. Tetapi jika di luar pendaftaran resmi KPU jika bersangkutan (PPP) bisa jadi pendukung atau simpatisan dari dua calon yang berbeda,” ungkap Hendry.

Sebanyak tiga bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang yang secara resmi telah melakukan pendaftaran ke KPU Kota Semarang untuk ikut maju dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang periode 2016-2021.

Ketiga calon pasangan itu adalah Soemarmo Hadi Saputro dan Zuber Syafawi diusung oleh PKB dan PKS, pasangan Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso yang diusung oleh Gerindra, PAN dan Golkar dan pasangan Hendrar Prihadi-Heaverita Gunaryati Rahayu mendaftar ke KPU diusung oleh PDIP, Nasdem dan Demokrat.

(Nugroho/BS01)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>