Published On: Fri, Nov 20th, 2015

Pimpinan KPK Jangan Pernah Takut Di “Kriminalisasi”

KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)

KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)

JAKARTA, beritasemarang.net – Masa pemilihan calon orang nomor wahid di lembaga anti korupsi di Indonesia masih dalam proses penyeleksian. Lembaga Indonesian Development for Consultancy and Cooperation (IDCC) menyatakan bahwa seorang pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jangan pernah takut untuk “kriminalisasi”.

Menurut Manajer IDCC, Didit Wijayanto Wijaya, menyatakan pimpinan KPK akan rawan untuk di “kriminalisasi” karena merupakan resiko dari pekerjaan.

“Zaman sekarang, setiap orang bisa melaporkan apa saja mulai dari perbuatan yang tak menyenangkan. Menurut saya, hal seperti itu biasa saja karena merupakan risiko pekerjaan,” ujarnya, dalam diskusi “Quo Vadis, Keadilan” di Jakarta, Kamis.

Pada periode sebelumnya, sejumlah pimpinan KPK terjerat dalam permasalahan hukum.

Ada lima yang terpenting untuk diperhatikan dalam melihat rekam jejak calon pimpinan KPK, yakni kompetensi, integritas, keberanian, nurani, dan memahami arti keadilan.

Pemerintah telah menyerahkan delapan nama calon pimpinan KPK ke DPR untuk dites dan dipilih, yaitu Saut Situmorang, Surya Chandra, Alexander Marwata, Basariah Panjaitan, Agus Rahardjo, Sujanarko, Johan Budi Sapto Pribowo, dan Laode Muhammad Syarif. Mereka akan dibagi atas empat kategori yakni pencegahan, penindakan, kategori manajemen, serta supervisi dan pengawasan.

Panitia Seleksi era sebelumnya juga mengirimkan dua nama, yaitu Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata yang akan menjalani uji kelayakan lagi bersama delapan nama lainnya.

(Nugroho/BS01)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>