Published On: Thu, Oct 22nd, 2015

Sebanyak 20 Miliar Disiapkan Untuk Pembebasan Lahan SORR Jalur Selatan

Semarang Outer Ring Road

Semarang Outer Ring Road

SEMARANG, beritasemarang.net – Pembebasan lahan untuk rencana pembangunan Semarang Outer Ring Road (SORR) ditargetkan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan selesai tahun ini. Sebanyak Rp 20 miliar anggaran untuk pembebasan lahan di jalan lingkar Selatan ini sudah disiapkan dan masuk di APBD murni 2015.

Menurut Sukardi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan mengatakan, rencana pembangunan jalan lingkar luar Semarang (SORR) akan segera disosialisasikan kepada warga masyarakat sekitar yang diperkirakan akan terkena dampak pembangunan SORR.

Saat ini tim sedang mempersiapkan sosialilsasi dan persiapan untuk pemetaan bidang lahan jalur SORR. Jalan lingkar luar Semarang atau SORR terdiri dari jalan lingkar selatan dan jalan lingkar utara.

“Segera akan dilakukan pengukuran, pembuatan peta bidang, penilaian oleh tim aprasial, sosialiasi musyawarah harga, dan pembayaran (lahan),” katanya Sukardi.

Diperkirakan, ada sebanyak 350 pemilik lahan dengan luas lahan lebih dari 3.500 m2 yang terkena dampak akan pembangunan SORR jalur selatan ini.

“Karena jalan lebarnya akan dibangun 30 meter dua arah dengan median jalan dan panjang sekitar 10 kilometer dari Kebun Binatang Mangkang sampai BSB (Bukit Semarang Baru),” kata Sukardi.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Wachid Nurmiyanto mengatakan, rencana pembangunan SORR harus ada target yang jelas kapan selesainya. “Pembebasan lahan hingga berapa lama waktu pengerjaannya harus diperjelas sehingga tidak akan terus molor”, imbuhnya.

Untuk rute yang dilewati jalan lingkar luar Semarang bagian selatan mulai dari Kebun Binatang Mangkang, Kelurahan Wonosari, Podorejo, Ngadirgo, Pesantren, dan BSB.

(Sheyla/BS02)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>