Published On: Tue, Jun 2nd, 2015

Surat Skandal FIFA Bocor, Jerome Valcke Diduga Kuat Terlibat

BeritaSemarang.net – Jerome Valcke disebut-sebut oleh Kejaksaan Amerika dalam surat dakwaan yang diajukan di pengadilan federal di Brooklyn, New York, sebagai “pejabat tinggi FIFA” yang melakukan sejumlah transfer kepada para petinggi FIFA pada tahun 2008 silam, salah satunya wakil presiden FIFA periode 2011-2015, Jack Warner, yang sempat ditangkap FBI pekan lalu sebelum kongres FIFA dimulai.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) FIFA, Jerome Valcke diduga terlibat dalam transaksi $10 juta yang menjadi salah satu pemicu awal penyelidikan suap di tubuh FIFA oleh FBI. Transaksi tersebut yang dijadikan dalih penyergapan beberapa petinggi FIFA oleh FBI pekan lalu.

Sumber gambar @martynziegler: Surat dari Afrika Selatan untuk FIFA yang ditujukan kepada Jerome Valcke

Sumber gambar @martynziegler: Surat dari Afrika Selatan untuk FIFA yang ditujukan kepada Jerome Valcke

Mantan Wakil Presiden FIFA, Jack Warner menghadapi tuduhan menerima suap sebagai imbalan memperlancar keinginan Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010 yang lalu.

Juru bicara FIFA mengatakan, 10 juta dollar dalam transaksi bank diotorisasi oleh ketua Komite Keuangan FIFA, Julio Grondona yang telah meninggal tahun lalu.

Sangat mustahil apabila Sepp Blatter dan Jerome Valcke yang merupakan pejabat tinggi FIFA tidak mengetahui tentang perputaran dan perpindahan uang sebesar 10 juta dollar tersebut.

Valcke sempat mengirim surat elektronik (surel/email) kepada The New York Times yang isinya merupakan penjelasan bahwa ia kala itu tidak berwenang melakukan transaksi atau memiliki kekuatan untuk melakukan kegiatan transaksi tersebut.

Bahkan setelah kabar yang mengaitkan Valcke ini berhembus, FIFA mengumumkan bahwa Valcke tidak akan menghadiri pembukaan Piala Dunia Perempuan di Kanada pada 6 Juni mendatang.

Valcke sejauh ini sulit ditemui untuk dimintai komentar atas kejadian luar biasa yang menyangkut FIFA ini.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>