Published On: Wed, Oct 28th, 2015

Yuddy Chrisnandi: Lulusan Cumlaude Dijamin Masuk PNS Tanpa Tes

Yuddy Chrisnandi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi

NASIONAL, beritasemarang.net – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi memberikan pernyataan menarik saat ditemui wartawan disela waktunya pada Rabu (28-10-2015).

Pihaknya menjamin lulusan terbaik dari perguruan tinggi ternama lolos sebagai pegawai negeri sipil (PNS) tanpa tes apapun. “Kami membuka jalur khusus bagi lulusan terbaik, bahkan peraih cum laude dijamin lolos PNS,” ujar Yuddy.

Menurut Menteri Yuddy, mahasiswa yang lulus dengan predikat terbaik dinilai dari indeks prestasi tinggi merupakan SDM unggul yang dapat membantu meningkatkan kinerja aparatur negara yang haram untuk disia-siakan.

“Semisal, saya baca di media massa ada lulusan terbaik dari universitas ternama maka saat itu juga saya perintahkan Deputi SDM mencarinya, sekaligus menawari masuk instansi mana yang diinginkan untuk bergabung,” kata Yuddy.

Menteri Yuddy juga menambahkan, pihaknya akan membuka komunikasi bagi para rektor perguruan tinggi jika ada mahasiswanya yang berprestasi dengan nilai yang baik di kampusnya.

Mahasiswa berprestasi tidak akan diberikan tes masuk bagi yang ingin berkarir di pemerintahan.

“Tidak ada tes bagi mereka, tapi hanya persyaratan administratif. Selalu ada tempat bagi pemuda berprestasi berkarir di pemerintahan,” jamin Yuddy.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terjebak oleh tawaran dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam perekrutan PNS.

“Saya jamin proses rekrutmen PNS bersih dari nepotisme, termasuk harus membayar. Masyarakat harus tahu karena itu pasti bohong,” kata Yuddy.

saat ini pemerintah pusat memiliki program baru yaitu program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang menyekolahkan anak-anak berprestasi dan nantinya akan direkrut menjadi pegawai negeri sipil atau PNS.

“Program beasiswa LPDP baru tahun ini dan mereka menempuh pendidikan untuk nantinya menjadi PNS,” katanya.

(Sheyla/BS02)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>