Published On: Thu, May 28th, 2015

Entepreneur Harus Peka Mengidentifikasi Peluang

BeritaSemarang.net – Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, berkesempatan untuk mendapatkan kuliah langsung dari Ketua Hipmi Jateng, M Reza Tarmizi. Dalam mata kuliah entepreneurship yang diikuti oleh 68 mahasiswa ini pada Kamis (28/5), Reza mengatakan, “Visi, misi, tujuan, dan cita-cita adalah poin pertama yang wajib dipegang oleh seorang entrepreneur yang ingin menjalankan suatu usaha secara fokus dan terarah.”

“Anda dituntut untuk dapat melihat peluang agar dapat mengembangkan usaha. Peluang akan membesarkan usaha Anda. Masalah yang timbul mungkin dapat menjadi persoalan yang penting untuk diatasi. Tapi akan lebih baik apabila masalah tersebut diubah menjadi peluang untuk berkembang,” lanjutnya.

Entrepreneur dituntut untuk dapat bersaing dengan kompetitornya, sekaligus beradaptasi dengan tipikal persaingan baru yang muncul sangatlah diperlukan agar usahanya dapat berkembang dan bertahan.

Para entrepreneur harus mampu peka dengan melihat dan menangkap kebutuhan dan keinginan pelanggan menjadi sebuah peluang. Seringkali, peluang yang sudah ada didepan mata tidak ditangkap dan malahan dibiarkan begitu saja, tanpa dimanfaatkan.

“Jadi, peluang tersebut bisa hilang atau dimanfaatkan oleh kompetitor. Peluang merupakan kesempatan untuk mengembangkan usaha. Seorang entrepreneur harus mengasah kepekaannya (alertness) untuk dapat melihat setiap peluang untuk berkembang,” tuturnya.

Reza juga mengungkapkan bahwa kepekaan seorang entrepreneur adalah kemampuan untuk melihat produk atau jasa yang semula tidak ada, nilai yang tidak terduga bagi pelanggan dan metode produksi baru yang sebelumnya tidak diketahui oleh orang lain.

“Dengan mengasah kepekaan, entrepreneur dapat mengidentifikasi setiap peluang yang menguntungkan dan mengambil keputusan stratejik untuk pengembangan usahanya,” kata dia.

Seperti kita ketahui, bahwa saat ini mulai bermunculan entrepreneur muda yang kreatif dan menjadi warna tersendiri bagi dunia wirausaha. Sebaik-baiknya mencari peluang dan beradaptasi dengan inovasi produknya adalah entrepreneur yang akan terus berkembang dan bertahan usahanya.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>