Published On: Tue, Nov 10th, 2015

Ganjar Berdialog Bersama Ratusan Tukang Sapu Jalanan Peringati Hari Pahlawan

Tukang Sapu (Ilustrasi)

Tukang Sapu Jalan (Ilustrasi)

SEMARANG, beritasemarang.net – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memperingati Hari Pahlawan bersama ratusan tukang sapu jalanan yang ada di Kota Semarang, Selasa (10/11).

Bertempat di Taman Keluarga Berencana (KB) yang berada di Jalan Menteri Supeno Semarang, Ganjar langsung membuka dialog dengan beberapa penyapu jalanan yang berkumpul.

Ganjar mengungkapkan bahwa pahlawan Indonesia saat ini tidak lagi harus menumpahkan darahnya, tapi menjaga dan merawat Indonesia dengan ikhlas.

“Orang-orang yang menolong anak jalanan, menolong penderita HIV-AIDS atau orang-orang yang mencerdaskan anak bangsa namun jauh dari hingar bingar, mereka adalah pahlawan,” katanya.

“Mengisi kemerdekaan itu bagaimana kita mencintai dan merawat Indonesia sampai akhir hayat, termasuk menjaga kebhinnekaan untuk mencapai cita-cita yang sudah dituliskan pada Pembukaan UUD 1945,” ujarnya.

Dalam dialog bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tidak sedikit penyapu jalanan yang mengeluhkan dengan luas area yang harus dibersihkan namun tidak sebanding dengan gaji yang diterima mereka saat ini, yakni RP600 rb per bulan.

Terkait dengan minimnya gaji yang diterima para penyapu jalan, Ganjar meminta jajaran Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Jateng untuk mengecek ke Pemerintah Kota Semarang agar dinaikkan.

“Masa pahlawan dihargai Rp600 ribu per bulan, sedangkan hitungan UMK 2016 Kota Semarang Rp1,9 juta, maka saya harapkan agar (gaji penyapu jalan, red) direvisi,” katanya.

Ganjar menganggap bahwa para petugas penyapu jalan yang merupakan bagian dari tenaga kebersihan, termasuk pahlawan yang harus dihormati dan diperhatikan oleh semua pihak.

(Nugroho/BS01)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>