Published On: Mon, Jun 8th, 2015

H-1 Persiapan SBMPTN 2015

SEMARANG – Besok Selasa (9/6), tercatat sebanyak 693.185 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan mengikuti ujian serempak seluruh Indonesia. Para peserta ujian diharapkan telah mendapatkan info yang lengkap tentang jadwal ujian, lokasi ujian dan ruang ujian untuk besok.

Berikut ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh para peserta SBMPTN

Survei Lokasi Ujian

Di kartu perserta ujian SBMPTN 2015 yang telah diterima peserta, sudah terdapat informasi lengkap tentang lokasi ujian. Apabila kamu belum mengetahui, silahkan manfaatkan hari ini untuk cek lokasi ujian yang sesuai dengan kartu ujian kamu. Jangan sampai besok sebelum ujian, kamu masih repot-repot untuk mencari tahu dimana lokasi tempat ujian dan ruangan ujian kamu.

Perhitungkan Waktu dan Jarak Tempuh ke Lokasi Ujian

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak kita inginkan, peserta ujian SBMPTN diharapkan benar-benar memperhitungkan jarak tempuh dari tempat tinggal ke lokasi berlangsungnya ujian. Selain jarak, peserta juga harus bisa memprediksi waktu tempuhnya, agar tiba di tempat ujian sebelum ujian dimulai.

Cari Rute Alternatif ke Lokasi Ujian

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa cari jalan alternatif untuk menghindari beberapa kemungkinan macet dikarenakan bebarengan dengan para karyawan atau pekerja yang sedang atau akan berangkat ke tempat kerja.

Dan bagi kamu yang menggunakan angkutan umum, kamu bisa berangkat lebih awal dari rumah atau tempat tinggal kamu. Ini untuk mengantisipasi beberapa kemungkinan macet di jalan atau adanya kejadian mendadak yang diluar kendali.

Persiapkan Segala Persyaratan dan Kebutuhan Ujian

Jangan sampai ketinggalan Kartu peserta SBMPTN 2015 dan kartu tanda pengenal (KTP), karena keduanya akan dipakai sebagai syarat verifikasi peserta SBMPTN, baik pada ujian tulis maupun ujian keterampilan. Kamu tidak akan diizinkan untuk memasuki ruangan ataupun mengikuti ujian apabila sampai ketinggalan ataupun hilang.

Kamu perlu memiliki pensil 2B untuk mengerjakan ujian. Bawalah beberapa buah pensil sebagai cadangan. Siapkan juga pulpen, karet penghapus, penggaris. Bila perlu, kamu bisa juga membawa papan alas lembar jawaban komputer.

Segala kelengkapan ujian dan kebutuhannya ini dapat kamu masukkan kedalam tas mulai dari sekarang agar tidak ada yang ketinggalan.

Pastikan kendaraan yang akan dipakai juga tidak ada masalah, cek bensin dan mesinnya. Jangan sampai macet dijalan.

Istirahat Cukup

Jangan melakukan kegiatan yang berat ataupun begadang, karena jika kamu sakit akan mengganggu konsentrasimu waktu ujian

Berdo’a

Segala usaha yang telah dimaksimalkan haruslah diimbangi dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga diberikan kelancaran dan ketenangan dalam menjawab soal ujian.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>