Published On: Tue, May 26th, 2015

Lokasi Berjualan Pedagang Pasar Johar Hingga Lebaran

BeritaSemarang.net – Pemkot Semarang memberikan kejelasan atas nasib para pedagang Pasar Johar yang mengalami musibah kebakaran beberapa pekan yang lalu. Pasalnya, harapan untuk berjualan disekitar pasar yang terbakar akhirnya dipenuhi hingga Lebaran tahun ini.

“Pada H+7 Lebaran kami minta semuanya untuk pindah ke pasar darurat yang saat ini sedang kami persiapkan,” kata Hendrar Prihadi, Walikota Semarang Selasa (26/05/2015).

Hendi menambahkan tahun ini tradisi “pasar malam” dugderan tidak akan dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan atas terbakarnya Pasar Johar. Selain itu, menurut Hendi, lokasi yang biasanya dijadikan untuk “pasar malam” dugderan kini ditempati oleh para pedagang Pasar Johar.

Kendati demikian, Hendi menyatakan bila prosesi ritual dugderan itu akan tetap dilaksanakan meskipun berpindah tempat.

“Bagaimana masyarakat diberi informasi oleh pemerintah dan ulama bahwa sebentar lagi ramadan, Intisari itu yang akan kita lakukan bersama. Tempatnya bisa jadi di Masjid Agung, MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah), Masjid Baiturrahman, atau lainnya,” ungkap Hendi.

Saat ini Pemkot Semarang masih terfokus kepada penempatan pedagang di lapak-lapak darurat. Di antaranya di lokasi parkir Pasar Kanjengan, sepanjang Jalan Agus Salim, Pasar Bulu lantai III, Pasar Ikan Higenis Rejomulyo, dan di depan Kantor Pos Johar.

“Tetapi patut diingat bila ini sifatnya sementara sambil menunggu pasar darurat jadi,” imbuh Hendi.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>