Published On: Tue, May 26th, 2015

Mahasiswi Undip Temukan Tanaman Pencegah Dehidrasi Pendaki Gunung

BeritaSemarang.net – Empat mahasiswa Undip mencoba melakukan penelitian untuk menanggulangi masalah dehidrasi yang sering dialami para oleh para pendaki gunung. Hal ini didasari akhir-akhir ini semakin bertambahnya minat dari masyarakat yang mempunyai keinginan untuk mendaki gunung.

Keempat mahasiswa Undip itu adalah Raisha Selviastusi, Umi Ardiningsih, Meizza Hayyu Putri dari Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ditya Aprilia yang berasal dari Fakultas Sains dan Matematika.

“Dehidrasi merupakan masalah utama yang sering dialami para pendaki gunung dewasa ini jadi melalui penelitian ini kami ingin mencoba memecahkan masalah tersebut dengan mencari manfaat tanaman di sekitar gunung yang bisa mengurangi dehidrasi,” jelas Raisha yang dilansir pada halaman Tribun Jateng.

Mereka fokus pada tanaman yang mudah didapatkan di gunung, yaitu tanaman Congkok dan Lumbah (Curculigo latifolia Dryand).

Lumbah Gunung mudah ditemukan di jalur pendakian. “Dalam objek penelitian kami kemarin dilakukan di gunung Merbabu. Kami cukup mudah menemukannya,” jelasnya lebih lanjut.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh anggota tim dengan melakukan uji proksimat dan didukung dengan studi referensi, disimpulkan bahwa Lumbah Gunung memiliki protein curculin yaitu sweet protein dan kandungan air sebesar 89,88 %.

Seperti diketahui bahwa kandungan Sweet Protein ini mampu untuk mencegah dehidrasi para pendaki yang kekurangan bekal selama proses pendakian. Sweet Protein Lumbah juga mampu membuat apapun minuman yang dikonsumsi setelahnya terasa manis.

“Apapun yang dimasukkan kedalam mulut setelah memakan buah ini jadi terasa manis dan kandungan airnya dapat menghilangkan rasa haus, saya harap tumbuhan ini bisa disosialisasikan kepada para pendaki gunung lainnya,” pungkas gadis yang mempunyai hobby mendaki gunung ini.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>