Published On: Thu, Nov 5th, 2015

PDAM Semarang Siapkan 40 Tangki Air Bersih Per Hari

PDAM Semarang

PDAM Tirta Moedal Kota Semarang

SEMARANG, beritasemarang.net – Seiring dengan kemarau yang berkepanjangan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Semarang setiap harinya mengirimkan kurang lebih 40 tangki perhari ke daerah-daerah yang kekurangan pasokan air bersih.

Menurut Direktur Utama PDAM Semarang, Etty Laksmiwati, mengatakan kurang lebih dua bulan terakhir ini PDAM meningkatkan pengiriman air bersih.

“Selama dua bulan terakhir, pengiriman air bersih dengan truk-truk tangki mengalami peningkatan dibanding biasanya,” ungkapnya.

Dua bulan terakhir, PDAM Semarang setidaknya sudah mendistribusikan air bersih sebanyak 10,8 juta meter kubik kepada para pelanggan yang belum mendapatkan pasokan air bersih.

“Jumlah itu belum termasuk dengan masyarakat yang bukan pelanggan PDAM. Kami kan kirim bantuan air bersih melalui truk-truk tangki kepada masyarakat yang daerahnya dilanda kekeringan,” katanya.

Berkurangnya debit air baku PDAM Semarang mempengaruhi pasokan air bersih kepada pelanggan yang disebabkan oleh kemarau yang berkepanjangan. Pasokan air dari Bendung Klambu berkurang hingga 25 persen, sedangkan pasokan dari sumur di Gunungpati berkurang 15 persen dari kondisi normal.

Dengan konsisi ini, PDAM Semarang saat ini hanya mampu memproduksi sebesar 500-600 liter/detik, berkurang jauh dari kondisi normal yang dapat mencapai 2.800 liter/detik.

Dampak dari kemarau panjang ini sangat berpengaruh terhadap kapasitas produksi PDAM Semarang, namun pihaknya akan berusaha untuk tetap memberikan pasokan air bersih kepada para pelanggan dengan semaksimal mungkin.

(Sheyla/BS02)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>