Published On: Sat, Oct 31st, 2015

Pemkab Semarang: 2016 Biaya Puskesmas Gratis !

Ilustrasi Pelayanan di Puskesmas Ungaran

Ilustrasi Pelayanan di Puskesmas Ungaran

UNGARAN, beritasemarang.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang mulai tahun 2016 akan menghapus Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari puskesmas senilai hampir Rp 1 miliar.

Langkah ini diambil Pemkab Semarang agar masyarakat, terutama warga kurang mampu, tidak merasa terbebani dalam biaya kesehatannya. Warga Kabupaten Semarang bukan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) bisa mengakses layanan di puskesmas secara gratis mulai tahun depan.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Bambang Kusriyanto, mengatakan bahwa tahun depan biaya operasional puskesmas akan diambil dari APBD.

“Mulai 2016, semua biaya operasional puskesmas diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Layanan pun bakal ditingkatkan menjadi lebih baik,” ungkap Bambang.

Termasuk gaji para pegawai puskesmas juga akan diambil dari APBD.

Saat ini, masih ada penduduk di Kabupaten Semarang yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan maupun Jamkesda. Layanan gratis di puskesmas ini akan sangat membantu bagi masyarakat kurang mampu yang ingin berobat.

Mulai tahun depan, sumber pendanaan untuk puskesmas dari dua sumber, yakni APBD dan BPJS Kesehatan. Subsidi dari APBD dipakai untuk biaya operasional, sedangkan BPJS Kesehatan untuk klaim.

Plt Bupati Semarang, Gunawan Wibisono, mendukung sepenuhnya inisiatif DPRD Kabupaten Semarang dalam kebijakan ini. Namun dirinya juga menghimbau agar puskesmas lebih transparan dan akuntabel dalam mengelola pendanaan ini kedepannya.

(Nugroho/BS01)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>